Info Fashion Terkini

Informasi Jual beli Aneka Baju , Kemeja , Kemeja Kuliah, busana , blus , Ukuran S,M,L,XL,XXL, buku, kosmetik korea dan lokal.. INDONESIA

Tips Busana wawancara kerja

1 Comment

Salam kenal, saya Ajeng, saya akan membagikan tips tentang dasar-dasar kode berpakaian di lingkungan kerja. Hari ini rekan-rekan yang ingin pergi ke acara penting tidak perlu bingung harus menggunakan apa untuk dipakai wawancara pekerjaan atau magang, kegiatan interview akhir mahasiswi !

Pepatah mengatakan, juga berlaku untuk proses wawancara: Anda adalah apa yang anda kenakan!Kedengarannya aneh ya, tapi itu sangat benar: apa yang Anda kenakan untuk wawancara adalah sama pentingnya dengan apa yang ada di resume Anda.

Berikut adalah cara bekerja kesan pertama, menurut sebuah studi dari mantanUCLA profesor Albert Mehrabian:

Kesan pertama terbentuk dalam 7 detik. 38% dari kesan pertama didasarkan pada infleksi dan nada suara (bagaimana cara Anda mengatakan sesuatu), 7% didasarkan pada apa yang Anda benar-benar katakan, dan 55% kekalahan dari kesan pertama berasal dari isyarat nonverbal!

Singkatnya, lebih dari setengah dari setiap kesan pertama didasarkan pada bagaimana Anda melihat!

Penampilan Anda membuat kesan dalam pikiran pewawancara yang akan mempekerjakan anda. Jika mereka menyukai apa yang mereka lihat, Anda memiliki kesempatan cara yang lebih baik untuk mendapatkan pekerjaan. Bahkan jika Anda mengatakan semua hal yang benar dalam wawancara sekalipun, namun jika penampilan Anda menyinggung orang yang melakukan perekrutan, kemungkinan Anda tidak akan mendapatkan pekerjaan.

(saya juga pewawancara, rasanya ogah merekrut orang yg baju kucel, hehehe)

Jadi bagaimana Anda tahu apa yang pakaian akan membuat kesan yang baik dan apa setelan pakaian yang akan menjadikan perekrut hanya terkesan pada penampilan Anda selama setengah jam sementara itu ia berpura-pura untuk mendengarkan apa yang Anda katakan?

Pertama! Cari Tahu!

Langkah pertama dalam mencari tahu apa yang harus dikenakan untuk wawancara Anda yakni melakukan

Penelitian target perusahaan !

Cari tahu industri apakah perusahaan yang akan mewawancarai anda, Anda juga dapat berbicara dengan orang lain yang telah bekerja di sana, atau anda dapat mencontek sebentar dari luar kantor mereka memeriksa apa yang saat ini karyawan perusahaan tersebut gunakan!

Jika Anda diwawancarai dalam industri fashion, Anda wajib mengenal gaya perusahaan. Jika untuk posisi desainer, cari tahu Base Line Design yang perusahaan tersebut gunakan. Jika itu posisi agensi PR, cari tahu jenis klien mereka dan gaya fashion mereka berhubungan dengan client, dll . Hal ini akan membantu Anda dengan mengubek-ubek aneka pilihan baju yang ada di lemari anda.

Juga, hal ini kadang tertera jelas , tetapi kadang-kadang bisa diabaikan yakni: PERHATIAN: Aturan penggunaan DRESSCODE / jenis pakaian yang digunakan. Biasanya tertera di email interview / website / saat pemanggilan lewat telepon.

Jika mereka tidak mengharuskan pakaian seharusnya anda pakai, mereka menganggap bahwa mereka ingin anda berpakaian bisnis profesional

Contoh Busana

Apa yang harus Anda pakai untuk wawancara adalah tergantung pada apa industri perusahaan pewawancara.

Berikut adalah beberapa ide untuk apa yang harus dipakai untuk wawancara dalam industri yang berbeda:

Industri Konservatif – Akuntansi, Keuangan, Hukum, Consulting, dll:

Industri konservatif seperti akuntansi, hukum, keuangan, konsultasi adalah perusahaan yang kebanyakan fashion nya adalah terlihat sederhana namun berkualitas tinggi. Jika anda tidak yakin pakaian apa yang harus anda kenakan saat wawancara anda dapat menggunakan setelan rok hitam / celana hitam + Blazer, kemeja berkerah warna putih, sepatu hitam sederhana, tas hitam. Boleh juga ditambahkan kalung / bros putih sebagai penambah kesan.

Industri Kreatif – Periklanan, Desain Grafis, Musik, dll:

Bila Anda wawancara untuk pekerjaan di bidang kreatif, Anda biasanya bisa berpakaian sedikit lebih kreatif untuk wawancara. Kecuali Anda yakin bahwa kantor tersebut akan sangat santai, anda boleh berpakaian cukup formal-santai, dan menambahan sentuhan pribadi seperti tas cerah untuk pakaian Anda. Jangan takut untuk pamer kepribadian Anda, tapi tetap terlihat berkualitas dan berkelas Anda setiap saat.

Pakaian di atas memiliki model – model jenis jacket yang dapat dikenakan dengan padu padan celana lebar / Semi jeans. Anda juga bisa memakai jaket kombinase non kardigan untuk tampilan yang lebih formal. Juga, tas tangan model2 bermerek, untuk membuat kesan yang wah tanpa benar-benar membeli tas mahal, anda bisa membeli tas Jenis KW!

Industri Mode

Informasi Produk:

Bila Anda wawancara untuk pekerjaan di industri fashion, atau mode, Anda perlu lebih serius pemilihan fashion untuk wawancara untuk bekerja di dunia usaha , Anda perlu menunjukkan orang-orang yang mempekerjakan Anda bahwa Anda tahu bagaimana untuk berpakaian dengan baik!

Jika wawancara Anda dengan sebuah rumah mode, anda perlu tahu estetika gaya mereka dan berusaha untuk menunjukkan kepada mereka bahwa Anda sesuai dengan merek mereka. Tentunya jangan memakai merek / label mereka dari kepala sampai ujung kaki , tetapi perhatikan gaya desainer mereka dan berusaha untuk menunjukkan mereka bahwa Anda memahaminya.

Jika Anda wawancara dengan majalah mode, Anda harus lebih trendi dari biasanya untuk menunjukkan bahwa Anda memahami fashion terbaru saat ini. Jangan over-the-top : Anda perlu untuk terlihat profesional. Meskipun mungkin pekerjaan impian, itu masih pekerjaan!

Rambut & Makeup

Ketika datang untuk melakukan rambut dan riasan untuk wawancara pekerjaan, ingatlah: kurang lebih. Anda harus mencoba untuk terlihat dipoles tidak berlebihan sambil tetap memakai makeup sederhana dan bersahaja.

Gunakan:

    1. Gaya rambut dalam gaya yang bersih dan sederhana
    2. Boleh juga pakai Jambul Khatulistiwa Ala syahrini tapi jangan terlalu tinggi ya..
    3. Bedak tipis untuk menghilangkan kilap
    4. Maskara
    5. lip gloss atau lipstik warna netral
    6. Sedikit eyeliner & eyeshadow netral (opsional)

Jangan Gunakan:

    1. Gaya Rambut Sasak sana sini, (apa lagi pakai konde, nanti di sangka anda mau kondangan)
    2. Foundation berlebihan, (nanti di sangka mau shooting)
    3. riasan mata Smokey
    4. Eyeshadow berwarna cerah, apalagi warna warni
    5. super lip gloss / lipstik yang berwarna cerah atau terlalu gelap

Ringkasan

Akhirnya, berpakaian untuk wawancara adalah tentang berpakaian untuk pekerjaan yang Anda inginkan, dan menunjukkan profesionalisme Anda melalui pilihan pakaian Anda. Jika Anda mengikuti tips di atas, saya tahu wawancara berikutnya Anda akan jauh lebih sukses. (Amiiin) Jika Anda memiliki pertanyaan, silahkan berkomentar !

Jika sudah sukses diterima bekerja jangan lupa ucap, Alhamdulillah yah, sesuwatu!

Cheers,

Ajeng

Author: Ajeng Fitri

Data Quality Expert Indonesia

One thought on “Tips Busana wawancara kerja

  1. Klu mOU ngelmar k hotel, gmN stelan bju.a?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s